About Us

SulselLib.net merupakan portal katalog online bersama untuk perpustakaan di Provinsi Sulawesi Selatan. Portal UCS Sulsellib terdiri dari Perpustakaan Umum, Perpustakaan Perguruan Tinggi, Perpustakaan Sekolah, Perpustakaan LSM, Taman Baca dan sebagainya. Bergabung di portal ini merupakan sarana untuk berbagi informasi katalog koleksi perpustakaan.

SulselLib.net merupakan portal Union Catalogue Server (UCS) terinspirasi oleh 3 hal :

  • Layanan UCS (Union Catalogue Server) yang terdapat di SLiMS. UCS merupakan fitur untuk menyatukan koleksi bibliografi dari berbagai katalog perpustakaan yang menggunakan Senayan Library Management Systems (SLiMS), sehingga seseorang dapat mencari koleksi hanya melewati satu pintu saja atau biasa disebut dengan istilah portal. Lalu di portal ini diketahui suatu koleksi berada di perpustakaan tertentu, dan memberikan link (view node) ke perpustakaan tersebut. Rasanya sayang sekali, jika layanan UCS ini tidak dimanfaatkan secara optimal.
  • Jogjalib.net, Primurlib.net, dan Makassarlib.net telah memberikan contoh dan inspirasi buat kita semua mengenai implementasi dari layanan UCS ini.
  • Terinspirasi juga oleh Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI) yang setiap tahun diadakan, bahwa betapa penting membangun jejaring perpustakaan digital untuk memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk kemaslahatan dan kemajuan bangsa kita khususnya dalam bidang pendidikan.

Untuk itu, kami pustakawan memiliki keinginan untuk membangun UCS khusus untuk katalog perpustakaan di Provinsi Sulawesi Selatan. Semoga dengan ini, kami ingin sedikit memberikan kontribusi bagi pengembangan perpustakaan di Indonesia khususnya di Sulawesi Selatan. Kami juga ingin mengajak kawan-kawan pustakawan yang saat ini bekerja di Perpustakaan baik Perguruan Tinggi, sekolah maupun Lembaga untuk bergabung dalam portal ini, http://sulsellib.net

Ada beberapa manfaat adanya Portal UCS SulselLib.net ini, di antaranya :

  • Memudahkan mencari koleksi, karena hanya melalui satu portal saja.
  • Membantu atau memudahkan pustakawan dalam membangun database perpustakaan di tempat mereka bekerja, seperti adanya P2P service (mengambil database yang sudah ada di dalam portal untuk dimasukkan ke dalam database lokal) yang dikenal dengan istilah copy cataloguing, ataupun hanya sekedar ingin mengetahui notasi klasifikasi, tajuk subjek, atau sekedar memantau perkembangan koleksi.
  • Sarana mempromosikan perpustakaan
  • Sarana untuk mem-backup bibliografi perpustakaan
  • dan manfaat-manfaat lainnya.

Semoga dengan adanya sulsellib.net, makassarlib.net, jogjalib.net, primurlib.net, akan muncul UCS-UCS lainnya sehingga akan memperkaya khazanah perpustakaan di tanah air. Amin

Terimakasih pula kami ucapkan kepara para developer SLiMS (Senayan library management System), atas usaha dan dedikasi mereka demi mewujudkan perangkat lunak untuk perpustakaan, Mas Hendro Wicaksono, Arie Nugraha, Purwoko, Wardiyono, Arif Syamsudin, Rasyid Ridho, Indra Sutriadi, dan Eddy Subrata, serta kawan-kawan komunitas SLiMS se-Indonesia.
Salam SLiMS Indonesia

Sekretariat:

Kampus 2 UIN Alauddin

Perpustakaan Fak. Adab & Humaniora

Jl. Sultan Alauddin No. 36 Samata, Gowa

Sulawesi Selatan - Indonesia