Workshop Literasi Informasi di STAKN Toraja

staknKamis, 15 oktober 2015, Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN) Toraja mengadakan workshop literasi informasi. Kegiatan ini merupakan program kerja dari perpustakaan STAKN Toraja dalam rangka memberikan pembekalan kepada pemustaka khususnya mahasiswa untuk membantu mereka dalam mengerjakan tugas-tugas perkuliahan.

Salmon Pamantung, M.Th selaku ketua STAKN Toraja menyampaikan dalam sambutannya bahwa di zaman sekarang ini kita tidak dapat menghindari teknologi informasi khususnya internet. Mahasiswa dan dosen pun banyak menggunakan internet dalam membantu mereka dalam mengerjakan tugas-tugas akademis. Kita selama ini mengetahui bahwa internet memiliki dua sisi, positif dan negatif. Workshop kali ini tentu saja akan memberikan pengetahuan bagaimana memanfaatkan internet dari sisi positifnya.

Narasumber pada workshop literasi informasi ini adalah Muh. Azwar Muin, dosen Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Alauddin. Ada 3 materi yang diberikan pada workshop tersebut, yaitu materi mengenai strategi penelusuran informasi online, mengenal beberapa situs online karya ilmiah, dan mengelola dokumen ilmiah dengan aplikasi Mendeley.

Workshop ini pada dasarnya mengajak kaum terpelajar baik pada tingkatan sekolah maupun perguruan tinggi, baik siswa maupun guru, mahasiswa dan dosen, yang saat ini hidup di zaman internet untuk mempelajari keterampilan literasi informasi khususnya dalam hal strategi penelusuran informasi online.

Workshop ini juga memperkenalkan kepada peserta beberapa situs online karya ilmiah yang seharusnya sering diakses oleh mahasiswa dan dosen dalam memenuhi kebutuhan informasi mereka di kampus. Situs-situs ini seperti halnya dengan buku atau karya ilmiah yang sering kita jumpai di perpustakaan, hanya saja formatnya yang berbeda (format digital). Situs-situs online tersebut memuat banyak sekali informasi ilmiah yang bisa diakses secara gratis.

Di akhir workshop, pemateri menjelaskan bagaimana mengelola dokumen ilmiah dengan sangat mudah dan praktis dengan aplikasi Mendeley. Bagi mahasiswa, dosen, peneliti dan yang berkecimpung dalam dunia akademik pada semua level, aplikasi Mendeley menunjukkan cara yang praktis dalam mengelola berbagai dokumen yang digunakan. Setelah mempraktikkan berbagai teknik dalam workshop, peserta akan mampu menangani beragam koleksi, khususnya yang berformat digital sehingga dengan mudah diakses dengan berbagai pendekatan. Selain itu, aplikasi ini akan mempermudah dalam hal sitasi, membuat daftar pustaka secara otomatis, menampilkan publikasi sendiri, dan berjejaring antar sesama peneliti, dan sebagainya.

Peserta workshop berjumlah kurang lebih 80 orang, terdiri dari beberapa dosen dan mahasiswa STAKN Toraja, dan selebihnya tamu undangan dari beberapa sekolah di Makale dan Rante Pao. Para peserta tampak antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka baru sama sekali mengikuti workshop mengenai literasi informasi dan merasakan betapa pentingnya keterampilan literasi informasi diberikan kepada para siswa, guru, dosen, dan masyarakat umum.

Leave a reply

Sekretariat:

Kampus 2 UIN Alauddin

Perpustakaan Fak. Adab & Humaniora

Jl. Sultan Alauddin No. 36 Samata, Gowa

Sulawesi Selatan - Indonesia