Peran Perpustakaan Sekolah Menuju Makassar Smart City

bimbtekBertempat di Hotel Prima Makassar (28/08/2015), Badan Arsip, Perpustakaan, dan PDE Kota  Makassar menyelenggarakan kegiatan Bimbingan  Teknis (Bimtek) Pengembangan dan Pelestarian Bahan Pustaka yang bertema “Penguatan Peran Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar dan Sumber  Informasi Menuju Makassar  Smart City”. Sebanyak 100  orang pengelola perpustakaan sekolah yang mengikuti bimtek ini. Para peserta menerima  materi sejak pukul 09.00 hingga 12.00 WITA.

Adapun materinya yaitu Manajemen Perpustakaan : Pengembangan dan Pengolahan Bahan Pustaka berbasis T I K yang dipresentasikan oleh Muh.  Azwar Muin (Dosen Ilmu Perpustakaan UIN Alauddin Makassar) dan “Berbagai Teknik Merawat Koleksi Bahan Pustaka”  yang dibawakan oleh  Syamsuddin, SS.MM (Kepala Subbid Pelestarian Bahan Pustaka BPAD Sulsel).

Sebelumnya, dalam acara pembukaan, Ketua Panitia melaporkan tujuan penyelenggaraan kegiatan BIMTEK. Ia mengharapkan agar melalui kegiatan  tersebut, dapat terwujud program pemerintah kota Makassar yang ingin menuju Makassar Smart City.

Hal ini juga diperjelas oleh sambutan Kepala BPAD Makassar, Ibu Evi, bahwa kegiatan ini supaya meningkatkan semangat baru dalam pengolahan dan pelayanan perpustakaan. “Hal ini demi mewujudkan Makassar Smart City dan akhirnya menciptakan Makassar Sombere”, tuturnya.

Diakhir acara, Tulus Wulan Juni yang merupakan Pustakawan BPAD Kota Makassar menghimbau kepada peserta agar memaksimalkan peran  perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar siswa. Ia juga menyampaikan bahwa survey yang ada menunjukkan minat baca warga Makassar berada dikisaran 27 %, sementara  ia  juga menunjukkan survey secara nasional dari UNESCO terhadap minat baca Indonesia yaitu  0,001 % atau dari  seribu  orang hanya satu yang membaca. Dalam kesempatan itu pula, ia mengajak kepada peserta agar mau mengembangkan perpustakaan sekolah. (Irsan : editor Majalah Kareba Pustaka)

 

Leave a reply

Sekretariat:

Kampus 2 UIN Alauddin

Perpustakaan Fak. Adab & Humaniora

Jl. Sultan Alauddin No. 36 Samata, Gowa

Sulawesi Selatan - Indonesia